Tautan-tautan Akses

Militer Nigeria Tangkal Serangan Boko Haram


Militer Nigeria melakukan patroli di negara bagian Borno (foto: dok).

Militer Nigeria melakukan patroli di negara bagian Borno (foto: dok).

Militer Nigeria mengatakan, mereka telah menangkal serangan para pemberontak Islamis di timurlaut negara bagian Borno.

Militer Nigeria mengatakan melalui Twitter, pasukannya menangkal serangan teroris Rabu pagi di kota Biu. Militer mengatakan, para tentara kini sedang mengejar para penyerang setelah menangkap lima orang bersenjata dan menyita dua senjata anti pesawat udara.

Sejumlah warga mengatakan, militan Boko Haram menginvasi kota itu dengan menggunakan truk-truk pick-up dan sepeda-sepeda motor namun kemudian dihalangi pasukan dari barak militer di dekatnya. Mereka mengatakan paling sedikit 17 militan tewas dalam bentrokan senjata hampir tiga jam itu.

Militer Nigeria telah berusaha menghentikan Boko Haram, yang kini mengontrol banyak kawasan di negara bagian Borno dan merebut sebuah sebuah pangkalan penting dari militer di kota Baga sebelumnya bulan ini.

Militer mengatakan, 150 orang tewas dalam pertempuran itu, sementara para pejabat setempat menyebutkan jumlah korban tewas sedikitnya 1000 orang.

Dominasi Boko Haram di timurlaut dan kekerasan yang sedang berlangsung membangkitkan keraguan apakah pemilu presiden bulan depan dapat berlangsung di Borno dan di dua negara bagian lain yang menjadi tetangganya.

XS
SM
MD
LG