Tautan-tautan Akses

Militer Nigeria Rebut Kembali Kota Bama


Kendaraan militer yang berhasil dirampas dari militan Boko Haram di kota Bama (foto: dok).

Kendaraan militer yang berhasil dirampas dari militan Boko Haram di kota Bama (foto: dok).

Militer Nigeria mengatakan dalam akun twitternya Senin (16/3), bahwa tentara mereka mengusir teroris Boko Haram dari kota Bama di negara bagian Borno.

Militer Nigeria menyatakan telah merebut kembali kota utama Bama di bagian timur laut negara itu dari militan Islam yang telah menguasainya sejak bulan September.

Militer Nigeria mengatakan dalam Twitternya hari Senin (16/3), bahwa “tentara Nigeria mengusir teroris dari Bama di negara bagian Borno. Operasi pembersihan terus berlangsung”. Tidak ada verifikasi dari pihak independen mengenai laporan tersebut.

Bama adalah kota terbesar nomor dua di Borno dan terletak kira-kira 65 kilometer dari Ibukota Negara bagian, Maiduguri.

Militer Nigeria juga mengatakan hari Senin, bahwa pihaknya telah mengusir militan Boko Haram dari Yobe, negara bagian lain di timur laut, setelah merebut kembali kota Goniri.

Hari Jumat, militer mengatakan tentara telah membebaskan daerah terakhir yang dikuasai militan di negara bagian Adamawa di Timur laut.

Tiga negara bagian, Adamawa, Yobe dan Borno, telah mengalami banyak tindak kekerasan dalam pemberontakan Boko Haram selama enam tahun.

Baru-baru ini, kelompok militan telah memperluas serangannya ke negara-negara tetangga, Niger, Chad dan Kamerun.

Tetapi, serangan tersebut mengakibatkan serangan balasan oleh Nigeria, Niger, Chad dan Kamerun yang telah berhasil dalam merebut kembali kota-kota di Nigeria timur laut selama sebulan ini.

XS
SM
MD
LG