Tautan-tautan Akses

Militer Nigeria Rebut 5 Benteng Militan


Seorang perempuan membawa 2 anaknya di jalanan antara Jos-Maiduguri, di mana militer Nigeria mengumumkan diberlakukannya jam malam (19/5).

Seorang perempuan membawa 2 anaknya di jalanan antara Jos-Maiduguri, di mana militer Nigeria mengumumkan diberlakukannya jam malam (19/5).

Militer Nigeria mengatakan telah merebut kembali lima distrik di sebelah timur laut negara itu yang merupakan benteng pertahanan sebuah kelompok militan Islam.

Seorang juru bicara militer Nigeria hari Senin (20/5) mengatakan tentara juga menangkap lebih dari 120 anggota kelompok itu, yang dikenal sebagai Boko Haram.

Sebelumnya, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengatakan operasi militer yang sedang dilancarkan terhadap Boko Haram “membawa hasil positif” dan menghambat operasi militan.

Dalam pernyataan, ia mengatakan operasi di tiga negara bagian di timur laut itu telah mengusir pemberontak dari kamp-kamp mereka dan membuat operasi militan berhenti total.

Wartawan-wartawan VOA tidak dapat memperoleh pengukuhan klaim pemerintah Nigeria, karena jalan-jalan ditutup dan hubungan telepon di wilayah operasi itu lemah.

Nigeria melancarkan operasi itu hari Rabu setelah meningkatnya serangan oleh kelompok itu.

Seorang penasihat presiden, Doyin Okupe, mengatakan kepada VOA bahwa militer menewaskan setidaknya 55 pemberontak hari Minggu dan menangkap puluhan lainnya.
XS
SM
MD
LG