Tautan-tautan Akses

Militer Nigeria Mengaku Bunuh 9 Militan


Militer Nigeria melakukan patroli di Maiduguri, Nigeria utara (foto: dok).

Militer Nigeria melakukan patroli di Maiduguri, Nigeria utara (foto: dok).

Militer Nigeria mengatakan tentara telah membunuh sembilan anggota kelompok militan Muslim Boko Haram dalam baku tembak di timur laut negara itu.

Pejabat-pejabat Nigeria mengatakan bentrokan itu terjadi hari Kamis (14/11) sekitar 85 kilometer selatan Maiduguri, pusat pemberontakan Boko Haram, yang dipersalahkan atas kematian ribuan orang dalam empat tahun terakhir.

Jurubicara militer Letkol Muhammed Dole mengatakan seorang tentara juga terluka dalam kekerasan itu. Ia mengatakan militer menyita "senjata dan amunisi dalam jumlah besar" dari pihak militan.

Belum ada konfirmasi independen mengenai insiden tersebut.

Boko Haram telah melancarkan perang sejak tahun 2009 untuk memaksakan syariah Islam yang ketat di Nigeria utara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Kelompok itu terus melancarkan serangan di timur laut sekalipun serangan militer pemerintah habis-habisan diperintahkan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan Mei lalu.

Boko Haram mengaku bertanggungjawab atas serangan terhadap kantor-kantor polisi, penjara, dan pejabat-pejabat pemerintah, serta sasaran sipil seperti gereja-gereja dan masjid-masjid.
XS
SM
MD
LG