Tautan-tautan Akses

Militer Lebanon Bertekad Pulihkan Ketertiban Pasca Bentrokan


Konvoi tentara Lebanon berpatroli di daerah terjadinya bentrokan antara warga Sunni dan Syiah di Beirut, Senin (22/10).

Konvoi tentara Lebanon berpatroli di daerah terjadinya bentrokan antara warga Sunni dan Syiah di Beirut, Senin (22/10).

Pasukan militer dan tank-tank dikerahkan di antara kawasan-kawasan permukiman Sunni dan Syiah di distrik Kaskas di Damaskus, Senin (22/10).

Militer Lebanon mengatakan akan bertindak sungguh-sungguh untuk menghentikan kerusuhan terkait konflik Suriah. Sebelumnya, enam orang terluka dalam bentrokan di Beirut Selatan hari Senin, menyusul pembunuhan seorang pejabat teras keamanan.

Pasukan militer dan tank-tank dikerahkan di antara kawasan-kawasan permukiman Sunni dan Syiah di distrik Kaskas di ibukota dalam usaha menciptakan ketenangan di kawasan tersebut. Bentrokan terpisah di kota Tripoli, Lebanon Utara, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai 10 lainnya.

Peta daerah Kaskas di Beirut, Lebanon.

Peta daerah Kaskas di Beirut, Lebanon.

Setelah bentrokan-bentrokan tersebut, komando militer mendesak para pemimpin politik untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan publik untuk menghindari kemungkinan terjadinya kekerasan lebih lanjut.

Komando militer itu mengatakan pihaknya akan mengambil langkah-langkah tegas, khususnya di kawasan-kawasan yang ketegangan antara agamanya meningkat, untuk mencegah Lebanon kembali menjadi tempat pertikaian regional.

Sementara itu, sekelompok demonstran melanjutkan aksi mereka dengan bertenda di luar kantor PM Lebanon Najib Mikati di Beirut, dan bersumpah akan bertahan di sana hingga ia mengundurkan diri. Sebelumnya, pasukan keamanan Lebanon membubarkan para demonstran yang berusaha menyerbu gedung itu.
XS
SM
MD
LG