Tautan-tautan Akses

Militer Israel Kuasai Kapal Bantuan Pro-Palestina


Para aktivis pro-Palestina melambai di atas kapal bantuan 'Juliano' saat berangkat dari pelabuhan Perama, Yunani menuju Jalur Gaza (6/7).

Para aktivis pro-Palestina melambai di atas kapal bantuan 'Juliano' saat berangkat dari pelabuhan Perama, Yunani menuju Jalur Gaza (6/7).

Pasukan angkatan laut naik ke kapal Perancis itu Selasa, setelah para aktivis pro-Palestina mencoba menerobos blokade Israel di Jalur Gaza.

Komando angkatan laut Israel telah menguasai kapal pesiar aktivis pro-Palestina yang mencoba mematahkan blokade Israel di Jalur Gaza.

Para pejabat militer mengatakan angkatan laut naik ke kapal Perancis itu Selasa, setelah para aktivis mengabaikan peringatan untuk mengubah arah mereka.

Para pejabat mengatakan, mereka tidak menghadapi perlawanan sementara mereka memindahkan para aktivis dari kapal Dignity al-Karama ke kapal militer dan mulai berlayar menuju pelabuhan Israel, Ashdod.

Kapal pesiar itu adalah satu-satunya yang tersisa dari armada bantuan yang diharapkan aktivis pro-Palestina dapat diluncurkan dari Yunani bulan lalu. Enam belas aktivis di kapal itu berlayar dari perairan Yunani pada hari Minggu dalam sebuah misi untuk memberikan bantuan langsung ke Gaza.

Sebuah upaya yang sama membawa maut tahun lalu. Sembilan aktivis Turki tewas setelah pasukan komando Israel naik ke kapal mereka yang sedang menuju Gaza.

Aktivis pro-Palestina mengatakan blokade laut Gaza adalah hukuman yang ilegal terhadap lebih dari satu juta penduduk Palestina di wilayah miskin tersebut.

Para pejabat Israel telah bersumpah untuk mempertahankan blokade guna mencegah senjata mencapai militan Hamas yang menguasai Gaza.

XS
SM
MD
LG