Tautan-tautan Akses

Militer AS: Pemimpin ISIS Terkait Serangan di Paris, Tewas di Suriah


Charaffe al-Mouadan, salah seorang pemimpin ISIS terkait serangan di Paris, dipastikan tewas di Suriah (foto: dok).

Charaffe al-Mouadan, salah seorang pemimpin ISIS terkait serangan di Paris, dipastikan tewas di Suriah (foto: dok).

Militer Amerika mengatakan seorang pemimpin ISIS yang terkait langsung dengan tersangka pemimpin jaringan serangkaian serangan teroris bulan lalu di Paris, tewas dalam serangan udara pasukan koalisi di Suriah.

Juru bicara pasukan koalisi Kolonel Steve Warren dalam penjelasan singkat hari Selasa (29/12) mengatakan Charaffe Al-Mouadan tewas tanggal 24 Desember lalu.

Ditambahkannya, Mouadan memiliki hubungan dengan Abdelhamid Abaaoud, yang diyakini sebagai pemimpin sel serangan terkoordinasi di Paris, yang menewaskan sedikitnya 130 orang. Abaaoud tewas dalam penggerebekan polisi beberapa hari setelah serangan tanggal 13 November itu.

Warren mengatakan Moudan “secara aktif merencanakan serangan-serangan tambahan terhadap Barat,” tetapi tidak merinci apakah Moudan menarget Amerika atau Eropa, atau keduanya.

Warren menambahkan secara keseluruhan ada 10 “tokoh pemimpin” ISIS yang telah tewas dalam sejumlah serangan udara pasukan koalisi dalam sebulan terakhir.

Mereka mencakup tokoh ISIS yang terkait dengan serangan terror Paris dan seorang laki-laki Bangladesh yang bersekolah di Inggris yang dituduh bekerja untuk ISIS.

Kata Warren, “Selama anggota ISIS yang merencanakan serangan di luar negeri masih aktif, militer Amerika akan memburu dan membunuh mereka.” [em/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG