Tautan-tautan Akses

Militer AS Lakukan Serangan Udara terhadap Kota Kunduz, Afghanistan Utara


Peta wilayah Afghanistan dan letak kota Kunduz.

Peta wilayah Afghanistan dan letak kota Kunduz.

Kunduz merupakan kota pertama yang direbut Taliban sejak rejim mereka digulingkan dalam penyerbuan yang dipimpin Amerika tahun 2001.

Militer Amerika mengatakan mereka telah melakukan serangan udara terhadap kota Kunduz, Afghanistan utara, yang direbut oleh Taliban pada hari sebelumnya.

Kolonel Angkatan Darat Amerika Kolonel Brian Tribus, juru bicara misi Amerika dan NATO di Afghanistan, mengatakan serangan udara Selasa pagi itu dilakukan “untuk melenyapkan ancaman terhadap pasukan.”

Kota itu jatuh hari Senin ketika Taliban merebut gedung-gedung pemerintah dan menaikkan bendera mereka di lapangan kota itu.

Sarwar Hussaini, seorang juru bicara kepolisian provinsi, mengatakan pasukan Afghanistan telah melancarkan operasi terhadap beberapa front sekeliling Kunduz dalam usaha merebut kembali kota itu.

Kunduz merupakan kota pertama direbut Taliban sejak rejim mereka digulingkan dalam penyerbuan yang dipimpin Amerika tahun 2001. Kejatuhan kota tersebut terjadi ketika Presiden Ashraf Ghani genap satu tahun memegang jabatan. [gp]

XS
SM
MD
LG