Tautan-tautan Akses

AS

Militer AS Lakukan 2 Lagi Serangan Udara di Afghanistan Utara


Pasukan khusus Afghanistan tiba di bandar udara di tengah peluncuran serangan untuk merebut kembali kota dari pemberontak Taliban (29/9). (AFP/Nasir Waqif)

Pasukan khusus Afghanistan tiba di bandar udara di tengah peluncuran serangan untuk merebut kembali kota dari pemberontak Taliban (29/9). (AFP/Nasir Waqif)

Penduduk mengatakan pertempuran sengit untuk menguasai bandara Kunduz, beberapa kilometer di luar kota itu, berlangsung sepanjang malam sebelum Taliban mundur dalam keadaan ditembaki.

Militer Amerika Serikat mengatakan mereka telah melakukan dua lagi serangan udara tadi malam terhadap kedudukan Taliban sekeliling sebuah kota di Afghanistan utara yang direbut pemberontak pekan ini.

Juru bicara Angkatan Darat Amerika, Kolonel Brian Tribus, mengatakan para penasehat koalisi berada di tempat itu hari Rabu (30/9), “di daerah Kunduz untuk memberi nasihat kepada pasukan keamanan Afghanistan.”

Pasukan Afghanistan telah berkumpul sekeliling Kunduz untuk apa yang kemungkinan merupakan pertempuran yang berlarut-larut untuk merebut kembali kota strategis yang berpenduduk 300.000 itu.

Penduduk mengatakan pertempuran sengit untuk menguasai bandara Kunduz, beberapa kilometer di luar kota itu, berlangsung sepanjang malam sebelum Taliban mundur dalam keadaan ditembaki. Penduduk mengatakan demikian dengan syarat namanya tidak disebut karena takut akan keselamatan mereka.

Taliban merebut Kunduz hari Senin – kota besar pertama yang mereka rebut sejak penyerbuan yang dipimpin Amerika tahun 2001 menggulingkan rezim mereka. [gp]

XS
SM
MD
LG