Tautan-tautan Akses

AS

Militer Amerika Mulai Interogasi Bowe Bergdahl


Bowe Bergdahl

Bowe Bergdahl

Kuasa hukum dan juru bicara militer Amerika mengatakan pihak militer mulai melakukan interogasi atas Sersan Bowe Bergdahl yang hilang di Afghanistan dan disandera Taliban. Proses interogasi dilakukan di Fort Sam Houston,Texas.

Kuasa hukum Bergdahl, Eugene R. Fidell, mengatakan kliennya menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan kepadanya dan proses tanya jawab berlangsung produktif. Fidell menolak memberi keterangan tentang pertanyaan apa saja yang disampaikan pada Bergdahl.

Sementara juru bicara militer, Alayne Conway, mengatakan Bergdahl disarankan menggunakan haknya sesuai pasal 31 Uniform Code of Military Justice. Pasal itu dikenakan pada individu yang menghadapi tuduhan dan menyatakan individu dimaksud tidak perlu membuat pernyataan apapun kepada tim penyelidik. Lebih jauh Conway mengatakan proses penyelidikan ini merupakan proses panjang yang berkelanjutan dan tim penyelidik memiliki waktu 60 hari untuk menyimpulkan hasil penyelidikannya, bahkan meminta waktu tambahan jika perlu. Conway tidak menjelaskan pertanyaan apa saja yang disampaikan pada Bergdahl.

Bowe Bergdahl dibebaskan oleh Taliban tanggal 31 Mei lalu sebagai imbalan dibebaskannya lima anggota senior Taliban yang selama ini ditahan di Teluk Guantanamo Kuba. Bergdahl hilang dari posnya di Afghanistan Timur tanggal 30 Juni 2009. Beberapa mantan anggota unit Bergdahl menilainya sebagai desertir karena meninggalkan pos tempatnya bertugas. Beberapa tentara luka-luka atau meninggal karena mencari Bergdahl.

Sejak kembali ke Amerika 13 Juni lalu, Bergdahl dirawat di Brooke Army Medical Center di Fort Sam Houston, Texas dan kemudian menjalani rawat jalan di sebuah layanan kesehatan lain di pangkalan militer itu. Awal bulan ini Bergdahl mulai menjalani masa transisi dengan melakukan tugas administrasi di pangkalan militer itu.

Bergdahl belum menjelaskan kepada publik alasan mengapa ia menghilang dan militer belum menyampaikan tuntutan resmi kepadanya.

Belum jelas apakah keluarga Bergdahl telah diijinkan menemuinya. Para pejabat militer mengatakan atas permintaan keluarga Bergdahl, mereka tidak bisa menyampaikan komentar atas hal ini.

XS
SM
MD
LG