Tautan-tautan Akses

Taliban Tewaskan 20 dalam Serangan di Afghanistan


Tentara Afghanistan berjaga-jaga di sekitar bangkai bus di lokasi serangan bunuh diri Taliban di Kabul (13/12). (AP/Rahmat Gul)

Tentara Afghanistan berjaga-jaga di sekitar bangkai bus di lokasi serangan bunuh diri Taliban di Kabul (13/12). (AP/Rahmat Gul)

Militan Taliban memusatkan serangan terhadap Kabul dalam beberapa pekan ini, menjelang penarikan pasukan asing akhir bulan ini.

Militan Taliban menewaskan sekitar 20 orang dalam serangan tembakan dan bunuh diri di Afghanistan Sabtu (13/12), menggarisbawahi adanya masalah keamanan hanya beberapa minggu sebelum pasukan internasional ditarik mundur dari negara itu.

Di Afghanistan selatan, militan menembak dan membunuh 12 pekerja yang sedang membersihkan ranjau darat di provinsi Helmand, memicu baku tembak dengan polisi. Kantor berita Reuters melaporkan empat penyerang tewas dalam baku tembak itu dan tiga lainnya ditangkap.

Sebelumnya Sabtu, polisi Afghanistan mengatakan orang-orang bersenjata menembak tewas pejabat senior Mahkamah Agung Afghanistan, Atiqullah Rawoofi, dekat rumahnya di pinggiran ibukota, Kabul.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Rawoofi tetapi tidak menjelaskan mengapa ia dibunuh. Di Kabul, sebuah ledakan menghancurkan bus yang membawa personel militer Afghanistan, menewaskan setidaknya enam orang dan melukai belasan lainnya.

Secara terpisah, koalisi internasional Sabtu mengatakan, serangan Taliban di dekat pangkalan udara Amerika Bagram, Kabul utara, Jumat menewaskan dua tentara NATO.

Militan Taliban memusatkan serangan terhadap Kabul dalam beberapa pekan ini, menjelang penarikan pasukan asing akhir bulan ini. Setelah penarikan itu, sekitar 13 ribu tentara asing, sebagian besar tentara Amerika, akan tetap di Afghanistan.

XS
SM
MD
LG