Tautan-tautan Akses

Militan Suriah, ISIS Perebutkan Pangkalan Udara di Suriah Timur


Militan Suriah mengambil posisi di Deir Ezzor (foto: dok).

Militan Suriah mengambil posisi di Deir Ezzor (foto: dok).

Pangkalan udara Deir Ezzor di Suriah timur adalah pangkalan utama bagi militer Suriah untuk melancarkan serangan terhadap posisi-posisi ISIS.

Aktivis-aktivis mengatakan pesawat-pesawat tempur pemerintah Suriah melancarkan sedikitnya delapan serangan udara terhadap pemberontak ISIS yang menyerang pangkalan militer utama mereka.

Badan Pemantau HAM di Suriah yag berkantor di Inggris mengatakan pasukan Suriah dan milisi pro-Damaskus mengakhiri serangan di pangkalan militer Deir Ezzor itu. Dilaporkan kedua pihak menderita kerugian besar dalam pertempuran tersebut.

ISIS melancarkan serangan terhadap pangkalan udara itu pekan lalu, yang menurut para aktivis HAM telah menewaskan lebih dari 150 orang pada kedua pihak sejak Rabu (3/12) lalu.

Aktivis-aktivis itu mengatakan pemberontak ISIS berhasil menggempur sebagian pangkalan itu hari Sabtu (6/12) dan pertempuran kecil-kecilan terjadi hingga hari Minggu (7/12) di beberapa lokasi di sekitar pangkalan itu.

Pangkalan udara Deir Ezzor adalah pos keamanan utama rejim Assad di mana helikopter dan pesawat tempur melancarkan serangan terhadap posisi-posisi pemberontak ISIS di sejumlah daerah yang dikoyak perang itu.

Bagi ISIS, merebut pangkalan udara itu akan menghapus keberadaan signifikan terakhir pemerintah Suriah di kawasan itu dan menjadi dorongan moral dan propaganda bagi mereka.

XS
SM
MD
LG