Tautan-tautan Akses

Militan Suni Culik Pegawai Proyek Nuklir Iran


Reaktor nuklir Iran di Bushehr, Iran barat daya.

Reaktor nuklir Iran di Bushehr, Iran barat daya.

Amir Hussein Shirani disandera kelompok Jundallah di propinsi Sistan-Baluchistan yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan.

Kelompok militan Suni Iran telah menculik seorang laki-laki yang, menurut mereka, bekerja di fasilitas nuklir Iran dan akan menyiarkan semua rahasia yang diketahuinya kalau pemerintah Iran tidak membebaskan 200 anggota kelompok mereka dari penjara.

Kata kelompok Jundallah (Laskar Tuhan) hari Minggu, Amir Hussein Shirani telah disandera di propinsi Sistan-Baluchistan yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan. Kata Jundallah dalam situs internetnya, kalau pemerintah Iran tidak membebaskan para tahanan itu minggu depan, “dunia akan mengetahui semua kegiatan nuklir rahasia Iran.”

Jurubicara badan tenaga atom Iran mengukuhkan penculikan Hossein Shirani, tapi menepiskan ancaman kelompok Suni itu. Kata pejabat badan tenaga atom Iran, Shirani bukanlah pakar nuklir, tapi pernah bekerja sebagai seorang tukang las dan sopir perusahaan yang terkait dengan badan tenaga atom Iran itu.

Kata kelompok Jundallah, mereka sedang berjuang untuk mendapat hak-hak yang pasti bagi kelompok minoritas warga Suni di propinsi Baluchis. Kelompok Suni adalah minoritas di Iran yang mayoritas beraliran Islam Shiah.

XS
SM
MD
LG