Tautan-tautan Akses

Militan Serang Pasukan PBB di Mali Utara, 2 Tewas


Kendaraan pasukan keamanan PBB di Kidal, Mali (Foto: dok).

Kendaraan pasukan keamanan PBB di Kidal, Mali (Foto: dok).

Dua kelompok militan Afrika Barat-al-Qaida di Maghreb Islam dan cabangnya al-Mourabitoun, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan 20 November di hotel Radisson Blu.

Militan menyerang pangkalan PBB di Mali utara, dengan tembakan roket yang menewaskan dua orang penjaga perdamaian PBB dan seorang kontraktor sipil, demikian menurut para pejabat.

Seorang juru bicara misi penjagaan perdamaian PBB mengatakan sedikitnya empat lainnya luka parah dalam serangan Sabtu pagi (28/11) di Kidal.

Tidak ada keterangan mengenai siapa yang bertanggung-jawab atas serangan itu, yang terjadi setelah serangan terhadap hotel mewah pekan lalu di Bamako yang menewaskan 19 orang.

Dua kelompok militan Afrika Barat-al-Qaida di Maghreb Islam dan cabangnya al-Mourabitoun, telah mengaku tanggung-jawab bersama atas serangan 20 November di hotel Radisson Blu.

Pasukan khusus di Mali, Jumat (27/11) menangkap dua orang pria sehubungan dengan serangan di hotel itu.

Kekerasan tersebut menonjolkan ancaman militan Islamis yang masih giat di Mali utara dan tengah walaupun sudah ada kehadiran penjaga perdamaian PBB.

Pasukan militer yang dipimpin Perancis menggulingkan kekuasaan kelompok Islamis di Mali utara tahun 2013. Kelompok tersebut mengambil-alih utara setelah kudeta militer di Bamako tahun 2012. [gp]

XS
SM
MD
LG