Tautan-tautan Akses

Militan Serang Universitas Amerika di Kabul


Lokasi Universitas Amerika di Kabul, Afghanistan yang diserang oleh militan Rabu (24/8) petang.

Lokasi Universitas Amerika di Kabul, Afghanistan yang diserang oleh militan Rabu (24/8) petang.

Puluhan staf dan mahasiswa diyakini terperangkap di dalam Universitas Amerika di Kabul, Afghanistan, setelah serangan yang dimulai dengan ledakan sebelumnya hari Rabu (24/8).

Serangan yang dimulai sekitar pukul 6:30 petang waktu setempat itu disusul dengan baku-tembak selama satu jam setelah pasukan keamanan Afghanistan mengambil tindakan. Jumlah penyerang masih belum jelas. Para pejabat telah menggambarkan serangan itu sebagai "serangan rumit".

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Sediq Seddiqi mengatakan kepada VOA, pasukan keamanan berusaha menyelamatkan orang-orang di dalam universitas. Pasukan elit Afghanistan mengepung kampus universitas tersebut.

Seorang mahasiswa yang terjebak di kampus mengatakan kepada kantor berita Reuters melalui telepon, bahwa ia bersembunyi di dalam ruang kelas dengan beberapa orang lain. Dia mengatakan mereka mendengar rentetan-rentetan tembakan di luar.

Mahasiswa lain, Roman Dehsabzwal mengatakan kepada Radio Free Afghanistan, ia berada di kelas ketika mendengar ledakan keras dan jendela hancur. Dia mengatakan, ia dan dua siswa lainnya melompat dari jendela lantai dua untuk melarikan diri. Ia memperkirakan sekitar 300 mahasiswa mungkin masih berada di dalam kompleks universitas.

Ada beberapa laporan mengenai jatuhnya korban, termasuk setidaknya satu tewas, tapi berita itu belum dikukuhkan.

Kementerian Kesehatan Afghanistan mengatakan, sedikitnya 14 orang yang terluka, termasuk seorang perempuan, telah dikirim ke rumah sakit setempat. [ps/ds]

XS
SM
MD
LG