Tautan-tautan Akses

Militan Radikal Bunuh 4 Pengawal Nasional Tunisia


Tentara Tunisia berpatroli di dekat perbatasan Aljazair di Gunung Chaambi (Foto: dok).

Para militan di daerah itu diduga adalah bagian dari kelompok radikal Oqba bin Nafaa, sayap militer Ansar al-Sharia, yang pemimpin-pemimpin mereka lari dari Libya tahun 2013.

Anggota-anggota militan radikal bunuh empat Pengawal Nasional di kawasan pegunungan Kasserine dekat perbatasan Aljazair. Demikian keterangan Kementerian Dalam Negeri Tunisia, Rabu pagi (18/2).

Pernyataan singkat itu menuduh "teroris" yang melancarkan serangan itu, tetapi tidak memberikan rincian. Radio lokal menambahkan, serangan tersebut dilancarkan pada tengah malam dan para militan itu kemudian melarikan diri dengan senjata pengawal tersebut.

Serangan tersebut terjadi di Gunung Chaambi, sebuah taman nasional dekat perbatasan Aljazair yang menjadi tempat perlindungan bagi kelompok Islamis radikal yang berkaitan dengan al-Qaida, yang dituduh menyerang militer dan para politisi Tunisia dua tahun terakhir ini.

Tunisia juga bersiap menyaksikan gelombang warga Mesir yang melarikan diri dari Libya. Walaupun militer Tunisia telah berusaha keras mengatasi, serangan terus terjadi di sekitar Gunung Chaambi dekat kota Kasserine.

Para militan di daerah itu diduga adalah bagian dari kelompok radikal Oqba bin Nafaa, sayap militer Ansar al-Sharia, yang pemimpin-pemimpin mereka lari dari Libya tahun 2013. Aljazair dan Tunisia berusaha mengkoordinasi kekuatan mereka untuk menguasai kawasan yang sulit itu.

XS
SM
MD
LG