Tautan-tautan Akses

Militan Kelahiran AS Khawatir Nyawanya Terancam


Omar Hamammi, alias Abu Mansur Al-Amriki, warga AS yang bergabung dengan kelompok Al-Shabab Somalia di Mogadishu (foto: dok).

Omar Hamammi, alias Abu Mansur Al-Amriki, warga AS yang bergabung dengan kelompok Al-Shabab Somalia di Mogadishu (foto: dok).

Omar Hammami khawatir rekannya sesama militan al-Shabab di Somalia akan membunuhnya karena berbeda pendapat.

Seorang militan kelahiran Amerika di Somalia menyatakan dalam sebuah pesan video di Internet bahwa ia khawatir rekannya sesama militan al-Shabab akan membunuhnya karena berbeda pendapat.

Omar Hammami, yang dibesarkan di negara bagian Alabama dan kini dikenal sebagai Abu Mansur al-Amriki, tampak mengenakan jubah hitam dan sorban putih, di depan sebuah bendera hitam.

Dengan bahasa Arab bercampur Inggris, Hammami mengatakan ia khawatir nyawanya terancam karena berbeda pendapat dengan rekan-rekannya mengenai syariah dan strategi.

Hammami adalah warganegara Amerika yang dikenai dakwaan di Alabama pada tahun 2007 dan 2009 atas tuduhan pelanggaran undang-undang terorisme federal. Ia dituduh meninggalkan Amerika untuk bergabung dengan al-Shabab yang berbasis di Somalia, yang oleh Amerika disebut sebagai organisasi teroris.

XS
SM
MD
LG