Tautan-tautan Akses

Militan ISIS Hampir Kuasai Kota Kobani di Suriah


Kelompok militan ISIS mengibarkan bendera di atas salah satu gedung di Kobani, Suriah (6/10).

Kelompok militan ISIS mengibarkan bendera di atas salah satu gedung di Kobani, Suriah (6/10).

Presiden Turki mengatakan kota Kobani di ambang kejatuhan ke tangan militan setelah pertempuran hampir tiga pekan dengan para pejuang Kurdi.

Serangan udara terbaru koalisi pimpinan Amerika Serikat di Suriah telah gagal memukul mundur militan Negara Islam (ISIS) yang bergerak maju memasuki kota perbatasan Kobani.

Presiden Turki mengatakan kawasan tersebut di ambang kejatuhan ke tangan militan setelah pertempuran hampir tiga pekan dengan para pejuang Kurdi.

Militer Amerika melaporkan serangan udara pada Senin malam dan Selasa dini hari menghantam posisi-posisi militan Negara Islam di dekat Kobani, yang juga dikenal sebagai Ayn al-Arab. Di antara target yang hancur adalah sebuah kendaraan yang membawa artileri antiserangan udara.

Tetapi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa kelompok militan radikal Sunni itu akan merebut daerah di perbatasan Suriah-Turki tersebut jika pasukan darat tidak menangkis ofensif itu.

Sebuah kelompok pemantau perang di Suriah menyatakan sedikitnya 400 orang tewas, 20 di antaranya warga sipil, dalam pertempuran tiga pekan untuk memperebutkan kota yang mayoritasnya warga Kurdi itu.

XS
SM
MD
LG