Tautan-tautan Akses

Militan Hancurkan 22 Truk NATO di Afghanistan


Pemadam kebakaran Afghanistan berusaha memadamkan api pasca ledakan yang menghancurkan 22 truk NATO di Samangan, utara Kabul (18/7).

Pemadam kebakaran Afghanistan berusaha memadamkan api pasca ledakan yang menghancurkan 22 truk NATO di Samangan, utara Kabul (18/7).

Taliban mengatakan, mereka meledakkan sebuah bom, Rabu, di Afghanistan Utara, menghancurkan sedikitnya 22 truk pembawa suplai bagi pasukan NATO.

Bom itu meledak di Propinsi Samangan dan menyebabkan tanki-tanki minyak dan kendaraan-kendaraan pengangkut suplai terbakar.

Para pejabat Afghanistan mengatakan, truk-truk itu sedang diparkir semalam ketika diserang dan sedang dalam perjalanan dari Uzbekistan menuju pasukan NATO di Afghanistan Selatan.

NATO terpaksa sangat bergantung pada rute Utara ke Afghanistan setelah Pakistan menutup jalur-jalur suplai NATO-nya selama hampir tujuh bulan menyusul serangan koalisi yang menewaskan 24 tentara Pakistan. Hanya sedikit truk yang sejauh ini telah melintasi perbatasan Afghanistan sejak Pakistan membuka kembali jalur-jalur suplai tersebut sebelumnya bulan ini.

Secara terpisah, NATO mengatakan sebuah serangan bom menewaskan dua tentaranya di Afghanistan Timur, Rabu. Dua tentara lainnya terluka dalam kecelakaan pesawat helikopter. Koalisi sedang menyelidiki penyebab jatuhnya helikopter itu.
XS
SM
MD
LG