Tautan-tautan Akses

Militan Boko Haram Serang Kota Yobe


Foto tertanggal 19/9/2013 memperlihatkan orang berkumpul di dekat mobil yang rusak setelah terjadinya serangan yang dilakuan Boko Haram, di Benisheik, Nigeria.

Foto tertanggal 19/9/2013 memperlihatkan orang berkumpul di dekat mobil yang rusak setelah terjadinya serangan yang dilakuan Boko Haram, di Benisheik, Nigeria.

Bentrokan baru dilaporkan terjadi di bagian timurlaut Nigeria, di mana militan menyerbu ibukota negara bagian Yobe Kamis malam. Militer menyatakan menewaskan lebih dari 70 militan di berbagai lokasi.

Kawasan Yobe merupakan pusat pemberontakan Boko Haram, yang dipersalahkan telah menewaskan ribuan orang selama empat tahun ini.
Tersangka militan Boko Haram memasuki kota Damaturu, ibukota Yobe, Kamis sore. Menurut surat-surat kabar Nigeria, militan Boko Haram menyerang polisi dan gedung-gedung keamanan.

Seorang warga Damaturu mengatakan kepada VOA bahwa polisi dan tentara baku tembak dengan militan pada Jumat pagi. Seorang jurubicara Satuan Tugas Gabungan militer, Kapten Eli Lazarus mengatakan kepada VOA ia tidak dapat memberikan jumlah korban pada kedua pihak. Pihak berwenang telah memberlakukan larangan keluar rumah selama 24 jam di negara bagian Yobe.

Sementara itu, militer Nigeria menyatakan 74 militan Boko Haram tewas dalam serangan darat dan udara hari Kamis di negara bagian Borno. Seorang jurubicara militer, Letkol Muhammed Dole, mengatakan operasi di kawasan Mainok itu menghancurkan sebuah kamp teroris dan beberapa kendaraan. Ia mengatakan dua tentara luka-luka. Belum ada konfirmasi independen mengenai serangan itu.

Boko Haram telah berjuang sejak 2009 untuk menerapkan hukum syariah yang ketat di bagian utara Nigeria yang mayoritas penduduknya Muslim. Kelompok tersebut terus melancarkan serangan di bagian timur laut, meskipun pemerintah telah melancarkan ofensif militer besar-besaran yang diperintahkan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan pada Mei lalu.
XS
SM
MD
LG