Tautan-tautan Akses

Militan Boko Haram Bunuh Hampir 150 Orang di Nigeria


Peta Nigeria.

Peta Nigeria.

Menurut para saksi, kelompok bersenjata menembaki orang-orang yang sedang shalat di masjid dan menembaki rumah-rumah penduduk tempat para perempuan sedang menyiapkan makanan berbuka puasa.

Tersangka militan Boko Haram membunuh hampir 150 orang dalam serangan di Nigeria timur laut.

Dalam serangan paling parah, para pejabat mengatakan 97 orang dibunuh di kota Kukawa dekat Danau Chad Rabu malam (1/7). Menurut para saksi, orang-orang bersenjata memasuki masjid-masjid dan menembak para pria ketika mereka shalat sebelum buka puasa, kemudian menyerang rumah-rumah penduduk dan menembaki para perempuan yang menyiapkan makanan.

Dalam insiden terpisah, militan menyerbu sebuah desa dekat kota Monguno Selasa malam dan menewaskan 48 orang. Para saksi mengatakan orang-orang bersenjata memerintahkan laki-laki dan perempuan dipisahkan, kemudian para pria tersebut ditembaki.

Kedua kota itu terletak di negara bagian Borno, pusat pemberontakan Boko Haram selama enam tahun terakhir. Negara bagian itu telah mengalami peningkatan serangan yang dituduh dilakukan oleh kelompok ekstremis Islamis itu sejak Presiden Muhammadu Buhari memangku jabatan tanggal 29 Mei.

XS
SM
MD
LG