Tautan-tautan Akses

Militan Al-Shabab di Somalia Tunjuk Pemimpin Baru


Tentara Somalia mengendarai tank di Bulomarer, wilayah Shabelle, negara itu (31/8).

Tentara Somalia mengendarai tank di Bulomarer, wilayah Shabelle, negara itu (31/8).

Menteri Keamanan Somalia Khalif Ahmed Ereg mengatakan kelompok militan itu mungkin merencanakan serangan balasan terhadap fasilitas-fasilitas pemerintah.

Kelompok militan al-Shabab di Somalia telah mengukuhkan kematian pemimpinnya akibat serangan udara Amerika dan memilih penggantinya.

Kelompok terkait al-Qaida itu mengumumkan penunjukkan Abu Ubeid Ahmed Omar untuk menggantikan Ahmed Abdi Godane.

Para pejabat Amerika mengkonfirmasi kematian Godane Jumat (5/9), dan mengatakan ia tewas akibat operasi militer Amerika awal minggu ini.

Perdana Menteri Somalia Abdiweli Sheikh Ahmed mengatakan kepada VOA siaran bahasa Somalia bahwa negaranya membantu Departemen Pertahanan AS menemukan Godane dan memberi persetujuan untuk membunuhnya.

Sejak kematian Godane, Somalia dalam situasi sangat waspada. Menteri Keamanan Somalia Khalif Ahmed Ereg pada Sabtu mengatakan kelompok militan itu mungkin merencanakan serangan balasan terhadap fasilitas-fasilitas pemerintah.

Ereg juga menghimbau para pejuang al-Shabab agar meletakkan senjata dan pemerintah akan menyediakan bantuan khusus bagi militan yang mengikuti program amnesti tawaran pemerintah.

XS
SM
MD
LG