Tautan-tautan Akses

Militan Afghanistan dan Pakistan Bergabung untuk Lawan Tentara Koalisi di Afghanistan


Kelompok militan Taliban di Afghanistan dilaporkan bekerjasama dengan militan di Pakistan untuk menyerang pasukan koalisi di Afghanistan (foto: dok).

Kelompok militan Taliban di Afghanistan dilaporkan bekerjasama dengan militan di Pakistan untuk menyerang pasukan koalisi di Afghanistan (foto: dok).

Taliban di Afghanistan dan Pakistan membentuk komite gabungan beranggotakan lima orang dengan berbagai kelompok militan Pakistan lain.

Sejumlah laporan dari Pakistan menyebutkan para pemimpin al-Qaida dan Taliban Afghanistan telah meminta militan Pakistan supaya jangan menarget pasukan keamanan Pakistan tapi untuk memerangi tentara pimpinan Amerika di Afghanistan.

Laporan-laporan itu mengutip sejumlah nama yang tidak diidentifikasi bahwa setelah intervensi komandan utama Taliban Afghanistan, Mullah Omar, Taliban di Afghanistan dan Pakistan membentuk komite gabungan beranggotakan lima orang dengan berbagai kelompok militan Pakistan lain.

Pamflet yang disebar hari Minggu di kawasan kesukuan Waziristan Utara, Pakistan, meminta militan Pakistan agar bergabung dan “menghindari pembunuhan dan penculikan untuk uang tebusan.” Pamflet itu mengatakan mereka yang dinyatakan bersalah akan dihukum menurut hukum Islam.

Menurut laporan, lima kelompok yang berjanji akan bergabung dan bekerja dengan Taliban Afghanistan mencakup jaringan Haqqani yang kuat, Maulvi Nazeer, Hakimullah Mehsud, dan Maulana Waliur Rahman – yang semuanya beroperasi dari Waziristan Selatan – serta kelompok Hafiz Gul Bahadur yang bermarkas di Waziristan Utara.

XS
SM
MD
LG