Tautan-tautan Akses

AS

Milisi Oregon dan FBI Berunding untuk Akhiri Kebuntuan


Pemimpin milisi Oregon Ammon Bundy

Pemimpin milisi Oregon Ammon Bundy

Beberapa pemimpin kelompok bersenjata yang menduduki pusat penampungan satwa liar di bagian timur Oregon telah mengadakan perundingan dengan agen-agen federal guna mengakhiri kebuntuan yang sudah berlangsung sejak tanggal 2 Januari.

Pemimpin milisi Ammon Bundy hari Jum’at (22/1) telah bertemu seorang perunding FBI, ketika pihak berwenang berupaya menyelesaikan sengketa terkait kebijakan lahan milik pemerintah federal. Beberapa laporan mengatakan pertemuan singkat itu berakhir ketika Bundy meninggalkan tempat itu karena perunding FBI tersebut tidak bersedia bicara bersamanya di depan media.

Laporan terpisah di suratkabar The Oregonian hari Sabtu mengatakan pertemuan itu berakhir ketika Bundy mempertanyakan wewenang hukum yang memperbolehkan agen-agen federal beroperasi di wilayah hukum itu tanpa ijin sherrif setempat.

FBI tidak memberi komentar atas pertemuan itu.

Bundy telah berulang kali berupaya melakukan dialog tatap muka dengan otorita federal di hadapan wartawan.

Kantor berita Associated Press melaporkan kelompok Bundy akan melangsungkan upacara dimana para pengikutnya akan merobek kontrak yang menunjukkan bahwa pemerintah federal mengendalikan akses ternak pada lahan yang dikuasai pemerintah federal.

Kelompok Bundy mulai menduduki Pusat Penampungan Satwa Liar Nasional Malheur pada 2 Januari lalu. Kelompok itu berencana membuka tempat penampungan seluas 775 kilometer persegi bagi ternak dalam beberapa bulan mendatang. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG