Tautan-tautan Akses

Migran Kuba Dizinkan Teruskan Perjalanan ke AS


Migran Kuba antri umemasuki bis yang akan membawa mereka ke tempat penampungan, di Penas Blancas, Kosta Rica, 24 November 2015 (Foto: dok).

Migran Kuba antri umemasuki bis yang akan membawa mereka ke tempat penampungan, di Penas Blancas, Kosta Rica, 24 November 2015 (Foto: dok).

Migran Kuba yang terdampar diizinkan meneruskan perjalanan ke Amerika Serikat.

Ribuan migran Kuba yang terdampar dapat meneruskan perjalanan mereka ke Amerika Serikat setelah persetujuan dicapai oleh negara-negara benua Amerika Tengah.

Migran itu telah terkatung-katung di Kosta Rika selama lebih dari sebulan tetapi keputusan para menteri luar negeri dari kelompok kawasan Amerika Tengah dan Meksiko akan mengizinkan warga Kuba itu diangkut dengan pesawat terbang ke El Salvador dari Kosta Rika, lalu dimasukkan ke dalam bus yang akan membawa mereka ke Amerika Serikat.

Kebijakan Amerika mengizinkan migran Kuba yang tiba di darat memasuki negara itu dan memohon izin tinggal tetap. Orang-orang yang dicegat di laut dikirim kembali ke Kuba.

Banyak orang Kuba khawatir bahwa mencairnya hubungan antara Kuba dan Amerika mungkin kelak akan mengakhiri perlakuan istimewa itu. Jumlah orang Kuba yang berusaha pergi ke Amerika Serikat telah meningkat banyak sejak pengumuman bulan Desember tahun 2014 bahwa kedua negara akan memulihkan hubungan diplomatik. [gp]

XS
SM
MD
LG