Tautan-tautan Akses

AS

Microsoft akan PHK 18 Ribu Karyawan


Kantor Microsoft di Redmond, negara bagian Washington, AS (foto: dok). Microsoft berencana mem-PHK hingga 18 ribu karyawan tahun depan.

Kantor Microsoft di Redmond, negara bagian Washington, AS (foto: dok). Microsoft berencana mem-PHK hingga 18 ribu karyawan tahun depan.

Salah satu perusahaan teknologi terbesar dunia, Microsoft yang berbasis di Amerika, menyatakan berencana mem-PHK hingga 18 ribu karyawan tahun depan.

Perusahaan Microsoft hari Kamis (17/7) menyatakan pengurangan karyawan tersebut – sekitar 14 persen dari 127 ribu karyawannya – untuk restrukturisasi setelah mengakuisisi perusahaan telepon Finlandia, Nokia, baru-baru ini.

Microsoft adalah produsen perangkat lunak terbesar di dunia, tetapi dengan pengambilalihan sebagian bisnis Nokia, perusahaan tersebut ingin menjadi pemain utama dalam pasar telepon genggam yang kompetitif, yang selama ini didominasi oleh Samsung dari Korea Selatan, Nokia, dan Apple yang berbasis di Amerika.

Microsoft menyatakan PHK tersebut akan meliputi 12.500 profesional dan pekerja pabrik. PHK terbanyak akan dilakukan pada akhir tahun ini dan selebihnya dituntaskan Juni mendatang. Sebelum pengambilalihan Nokia, Microsoft memiliki 99 ribu karyawan, 58 ribu di antaranya di Amerika dan 41 ribu lainnya di luar Amerika.

Perusahaan tersebut menyatakan restrukturisasi akan menelan biaya antara 1.1 miliar dan 1.6 miliar dolar selama tahun depan, sebagian besar adalah untuk pesangon karyawan yang di-PHK.

XS
SM
MD
LG