Tautan-tautan Akses

AS

Michelle Obama Dorong Pendidikan untuk Perempuan Kulit Hitam

  • Associated Press

Ibu Negara AS Michelle Obama (kiri) bersama para pemenang penghargaan Making A Difference di New Jersey Performing Arts Center, Newark (28/3). (AP/Julio Cortez)

Ibu Negara AS Michelle Obama (kiri) bersama para pemenang penghargaan Making A Difference di New Jersey Performing Arts Center, Newark (28/3). (AP/Julio Cortez)

Obama menyebarkan pesan mengenai pendidikan untuk anak-anak perempuan dalam ​'Black Girls Rock!', sebuah acara tahunan untuk menghormati perempuan kulit hitam berprestasi.

Ibu Negara AS Michelle Obama merayakan kecantikan, kekuatan dan kegigihan perempuan-perempuan kulit hitam sambil menyebarkan pesan mengenai pendidikan untuk anak-anak perempuan dalam ​Black Girls Rock!, sebuah acara tahunan untuk menghormati perempuan kulit hitam berprestasi dari berbagai sektor.

Diadakan Sabtu (28/3) di New Jersey Performing Arts Center, Newark, penghargaan diberikan pada aktris Jada Pinkett Smith, penyanyi Erykah Badu, aktris Cicely Tyson, sutradara Selma Ava DuVernay, pendidik Nadia Lopez dan Dr. Helene D. Gayle, presiden dan CEO CARE USA, sebuah organisasi kemanusiaan.

Michelle Obama mendapat sambutan paling meriah saat ia naik ke panggung dan mengatakan "Black girls rock! (perempuan kulit hitam keren!)" - slogan dan nama organisasi yang didirikan Beverly Bond, yang dirancang untuk mendorong anak-anak perempuan kulit hitam, sebuah kelompok yang seringkali kesulitan mendapatkan citra positif dan kuat di dunia.

Obama menyadari hal tersebut dan menekankannya dalam pidatonya.

"Saya tahu ada suara-suara bahwa kamu tidak cukup baik," ujarnya, mengatakan ia sering tidak percaya diri saat masih anak-anak dan remaja meski orangtuanya mendukung.

"Setiap keraguan adalah ujian untuk kita, apakah kita menyusut atau bangkit. Dan saya memutuskan untuk bangkit," ujarnya.

Obama, yang baru-baru ini berkunjung ke Jepang dan Kamboja sebagai bagian dari dorongan global untuk kesempatan pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak perempuan, memuji anak-anak muda penerima penghargaan atas prestasi akademik mereka.

"Tidak ada yang lebih penting daripada serius dengan pendidikan," ujar Obama, yang lulusan universitas bergengsi dalam kelompok Ivy-League. "Itu sebabnya saya dapat berdiri di sini hari ini. Saya ingin setiap anak perempuan kulit hitam dapat melakukan hal yang sama, dan anak-anak laki-laki kulit hitam."

Aktris Jada Pinkett Smith dalam pidatonya menyoroti situasi buruk yang dihadapi anak perempuan dan perempuan kulit hitam, termasuk pelecehan atas pemain bisbol Liga Kecil Mo'ne Davis, yang membuat acara seperti Black Girls Rock! penting.

Ia juga mendesak perempuan-perempuan kulit hitam untuk merayakan dan menyadari kekuatan mereka.

XS
SM
MD
LG