Tautan-tautan Akses

AS

Michelle Obama Dorong Pendidikan Perempuan dalam Lawatan Asia


Ibu negara AS, Michelle Obama tersenyum saat tiba di bandara Tokyo hari Rabu (18/3) malam.

Ibu negara AS, Michelle Obama tersenyum saat tiba di bandara Tokyo hari Rabu (18/3) malam.

Ibu negara AS Michelle Obama akan memperkenalkan prakarsa global untuk pendidikan perempuan dalam lawatannya ke Asia Rabu (18/3).

Ibu negara Amerika Michelle Obama telah tiba di Jepang untuk kunjungan tiga hari yang dimaksudkan untuk memperkenalkan prakarsa global untuk pendidikan perempuan.

Michelle Obama tiba Rabu (18/3) malam di ibukota, Tokyo. Pada hari Kamis, ia akan mengadakan pertemuan terpisah dengan PM Shinzo Abe dan istrinya, Akie.Ia juga berencana untuk bertemu kaisar dan ratu Jepang sebelum pergi ke kota turis, Kyoto, Jumat.

Ibu negara Amerika itu tidak dapat menemani Presiden Obama dalam lawatannya ke Jepang tahun lalu. Lawatannya kali ini banyak dianggap untuk menebus ketidakhadirannya saat itu.

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan, Michelle Obama akan mengumumkan kemitraan antara AS dan Jepang dalam prakarsa yang diberi nama Let Girls Learn atau Biarkan Perempuan Belajar, yang ditujukan untuk membantu mendidik 62 juta perempuan di berbagai penjuru dunia yang tidak mengenyam pendidikan sekolah.

Hari Jumat, ia akan berangkat ke Kamboja, salah satu dari 11 negara yang awalnya dilibatkan dalam prakarsa ini. Ini merupakan kali pertama seorang ibu negara Amerika yang sedang menjabat mengunjungi negara Asia Tenggara itu.

Di Kamboja, Michelle Obama akan bertemu Bun Rany, ibu negara Kamboja. Ia juga akan bertemu para relawan dari U.S. Peace Corps, yang akan memainkan peran kunci dalam memperluas akses pendidikan bagi perempuan.

Dalam sebuah kolom pendapat di The Wall Street Journal, pekan ini, Michelle Obama mengatakan 62 juta perempuan yang tidak bersekolah merupakan penyia-nyian tragis potensi manusia.

Ia mengatakan, masalah itu merupakan tantangan kesehatan publik, beban ekonomi nasional dan kemakmuran global, dan ancaman bagi negara-negara di dunia, termasuk Amerika.

XS
SM
MD
LG