Tautan-tautan Akses

Michelle Obama dan Peritel Walmart Luncurkan Program Makanan Sehat


Ibu Negara Michelle Obama dan CEO jaringan ritel Walmart, Bill Simon saat meluncurkan program makanan sehat.

Ibu Negara Michelle Obama dan CEO jaringan ritel Walmart, Bill Simon saat meluncurkan program makanan sehat.

Inisiatif itu merupakan bagian dari kampanye Michelle Obama untuk mempromosikan makanan sehat bagi anak-anak Amerika.

Ibu Negara Amerika Michelle Obama dan peritel raksasa Walmart telah meluncurkan program yang bertujuan meningkatkan kandungan gizi makanan di Amerika, dan menjadikan makanan-makanan itu lebih terjangkau bagi jutaan warga Amerika.

Inisiatif itu merupakan bagian dari kampanye Ibu Negara tersebut untuk mempromosikan pilihan makanan yang lebih sehat bagi anak-anak di Amerika. Walmart, pengecer terbesar di dunia, mengatakan akan memformulasi ulang ribuan produk makanan agar lebih sehat. Pihaknya berencana mengurangi kadar garam dan gula dalam makanan pada tahun 2015, mengurangi harga dan mempromosikan makanan yang lebih sehat.

Andrea Thomas, wakil presiden senior di Walmart menjelaskan, "Di Walmart kita tidak percaya bahwa setiap pelanggan, bahkan setiap warga Amerika, harus memilih antara melakukan apa yang realistis dan terjangkau, dan melakukan apa yang lebih sehat bagi keluarganya."

Sejumlah produsen makanan, termasuk Kraft Foods dan PepsiCo Inc, mengumumkan akan mengurangi kadar sodium dalam produk-produk mereka tahun lalu.

Sebagai pengecer terbesar di Amerika, Walmart memiliki pengaruh yang unik dalam mengubah praktik-praktik pemasoknya.

Program makanan sehat diharapkan mampu mengatasi masalah kegemukan yang banyak melanda anak-anak Amerika.

Program makanan sehat diharapkan mampu mengatasi masalah kegemukan yang banyak melanda anak-anak Amerika.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Ibu Negara Michelle Obama untuk mengurangi obesitas pada anak-anak di Amerika. Dalam konferensi pers di Washington pekan lalu (Kamis, 20/1), isteri presiden itu menyebut upaya Walmart tersebut sebagai "kemenangan besar" bagi seluruh warga Amerika.

Michelle mengatakan, "Jika anak-anak mengonsumsi produk-produk ini setiap hari, penurunan kadar gula dan garam dan lemak trans bisa bermanfaat. Ketika pilihan-pilihan yang lebih sehat akhirnya terjangkau, yang bisa mempengaruhi setiap makanan yang dikonsumsi anak, entah itu menambah buah saat sarapan, roti gandum saat makan siang, atau lebih banyak sayuran saat makan malam. "

Ibu Negara tersebut mengatakan peluncuran kampanye Walmart memiliki potensi untuk mengubah pasar, mengingat ada 140 juta orang yang berbelanja di toko eceran tersebut setiap minggu.

Michelle menambahkan, "Saya tidak hanya merasa penuh harapan tentang apa yang perusahaan ini lakukan bagi kesehatan anak-anak kita. Saya merasa penuh harapan tentang apa yang bangsa kita bisa lakukan. Dan yang lebih penting, saya merasa penuh harapan tentang apa yang kita sebagai individu, kita sebagai orang tua, bisa lakukan. Itulah gunanya."

Michelle Obama pernah menjadi anggota direksi vendor Walmart, tetapi mengundurkan diri tahun 2007. Keputusan itu dibuat beberapa hari setelah suaminya, yang berkampanye menjelang pemilu presiden, mengumumkan ia tidak akan berbelanja di toko tersebut, karena upah dan manfaat yang diberikan kepada karyawan-karyawannya.


XS
SM
MD
LG