Tautan-tautan Akses

Perenang AS Michael Phelps Diskors 6 Bulan


Michael Phelps dikenai larangan bertanding selama enam bulan oleh federasi renang AS (foto: dok).

Michael Phelps dikenai larangan bertanding selama enam bulan oleh federasi renang AS (foto: dok).

Federasi renang AS menskors bintang Olimpiade Michael Phelps tidak boleh bertanding selama enam bulan, setelah ditangkap karena menyetir dalam kondisi mabuk 30 September lalu.

Badan yang mengatur kompetisi renang di Amerika telah melarang bintang renang Olimpiade Michael Phelp bertanding selama enam bulan, setelah ia ditangkap karena menyetir dalam kondisi mabuk pada tanggal 30 September yang lalu.

Phelps yang telah memenangkan medali Olimpiade terbanyak dalam sejarah, ditangkap di kota kelahirannya Baltimore pekan lalu, karena menyetir dengan kecepatan 135 kilometer per jam dan berganti-ganti jalur di dalam sebuah terowongan lalu lintas.

USA Swimming mengatakan tindakan Phelps itu merugikan citra, reputasi dank ode etik olahraga tersebut.

Phelps masih boleh mengikuti latihan bersama tim-nya, tetapi tidak diijinkan berkompetisi dalam acara dunia apapun hingga Maret 2015.

Phelps telah menyampaikan permintaan maaf atas perilakunya dan mengatakan ia sedang mengikuti perawatan.

Penangkapan kali ini adalah yang kedua yang dialami Phelps, yang sebelumnya dituntut karena menyetir dalam kondisi tidak stabil. Tahun 2009 ia juga dilarang mengikuti kompetisi renang karena difoto sambil merokok, yang kemudian diketahui merupakan pipa ganja.

Michael Phelps telah memenangkan 20 medali renang Olimpiade dalam kompetisi tahun 2008 dan 2012 – termasuk 18 medali emas – menjadikannya sebagai atlet paling banyak meraih medali dalam sejarah Olimpiade modern.

Phelps sebelumnya mengatakan ingin bertarung kembali dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

XS
SM
MD
LG