Tautan-tautan Akses

Michael Phelps, akankah Bersinar Lagi di Olimpiade London?


Michael Phelps, perenang AS peraih rekor 14 medali emas Olimpiade, akan tampil kembali memperkuat tim AS di Olimpiade London, Juli 2012.

Michael Phelps, perenang AS peraih rekor 14 medali emas Olimpiade, akan tampil kembali memperkuat tim AS di Olimpiade London, Juli 2012.

Perenang AS Michael Phelps, atlet pertama yang memenangkan 8 medali emas dalam satu turnamen Olimpiade tahun 2008 di Beijing, mengatakan ingin menambah medali emas pada Olimpiade bulan Juli di London.

Michael Phelps bergabung dengan tim Olimpiade renang Amerika pada usia 15 tahun -- tahun 2000. Tahun itu, di Olimpiade Sydney, ia masuk ke babak final untuk gaya kupu-kupu 200 meter dan meraih posisi kelima. Empat tahun kemudian, ia memenangkan enam medali emas dan dua medali perunggu padaOlimpiade Athena.

Setelah penampilan menakjubkan di dua Olimpiade terakhir, ia berhasil mengumpulkan 14 medali emas.

Atlet yang memegang rekor untuk perolehan medali terbanyak yakni 18 medali, adalah mantan pesenam Soviet, Larisa Latynina, yang mengakhiri karirnya pada Olimpiade 1964. Phelps baru-baru ini bertemu dengannya di sebuah acara pemotretan di New York, dimana Phelps mengatakan kesempatan itu merupakan suatu kehormatan bagi dirinya.

Phelps mengatakan saat ini ia memiliki target pribadi untuk dicapai, dan hanya dirinya serta pelatihnya, Bob Bowman, yang tahu apa target tersebut.

"Kami telah bekerja sama sebagai sebuah tim begitu lama dan begitulah kami selalu bekerja. Kami tidak pernah berbagi target kami dengan orang lain.”

Tetapi yang pasti, tujuan nomor satu adalah masuk di kualifikasi tim Olimpiade renang Amerika untuk keempat kalinya. Uji coba kualifikasi nasional untuk Olimpiade London akan diadakan di Omaha, Nebraska, pada akhir Juni, di mana Phelps akan berulang tahun ke-27 pada tanggal 30 Juni. Ia mengatakan, ia hanya akan mengikuti lomba yang mampu memberinya kesempatan terbaik untuk sukses.

Phelps yang tingginya 1.93 meter itu mengatakan -- pada konferensi pers di Dallas baru-baru ini -- bahwa ia tidak berencana untuk berenang pada delapan perlombaan, seperti yang dilakukannya di Beijing.

Setelah memenangkan delapan medali emas pada Olimpiade Beijing, Michael Phelps mengatakan ia merasa seperti kehabisan energi.

Phelps mengakui, latihan dan performanya tidak selalu memenuhi standar tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengatakan, ia malas melakukan latihan yang diperlukan, namun sekarang ia sudah bergairah kembali.

Ia berharap ia akan memenangkan beberapa medali emas di Olimpiade London. Michael Phelps mengatakan, meskipun ibunya menginginkan ia terus ikut Olimpiade, ia tidak berencana untuk mencoba bersaing pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Ia mengatakan, ia puas dengan sekedar pergi menonton Olimpiade di Rio de Janeiro dengan ibunya.
XS
SM
MD
LG