Tautan-tautan Akses

Michael Jordan dan Perusahaan Tiongkok Berselisih soal Merk ‘Jordan’


Meskipun sudah pensiun bermain basket, nama Jordan dan nomor 23 tetap laris di pasaran pakaian olahraga (foto: dok).

Meskipun sudah pensiun bermain basket, nama Jordan dan nomor 23 tetap laris di pasaran pakaian olahraga (foto: dok).

Pemain basket legendaris Amerika Michael Jordan kini berselisih dengan perusahaan pakaian olahraga Tiongkok karena penggunaan nama Jordan.

Masa Michael Jordan bertanding memang sudah lama berakhir, tetapi pakaian olahraga yang menggunakan namanya dan nomor yang dulu pernah digunakannya – 23 – tetap populer di Amerika dan di mana-mana. Michael Jordan menuai jutaan dollar pendapatan pasca karir-nya dari barang-barang mengenang masa jayanya, ketika ia memimpin Chicago Bulls memenangkan kejuaraan Asosiasi Bola Basket Nasional NBA sebanyak enam kali pada tahun 1990an, dan melindungi penggunaan namanya.

Michael Jordan kini keberatan atas nama perusahaan “Qiadoan Sport” di Tiongkok yang kedengaran seperti nama Jordan. Ia mengajukan gugatan pekan ini di Tiongkok terhadap perusahaan di propinsi Fujian itu, dengan mengatakan perusahaan yang lafalnya seperti “cheow-den” itu telah mendirikan bisnis menggunakan namanya dan nomor seragamnya.

Dalam sebuah pernyataan hari Kamis, Michael Jordan menyebut tindakan perusahaan itu “sangat mengecewakan”. Qiaodan mengatakan nama tersebut adalah merk dagangnya yang sudah terdaftar di Tiongkok dan menggunakannya secara sah.

XS
SM
MD
LG