Tautan-tautan Akses

Messi Raih Sepatu Emas untuk Ketiga Kalinya


Lionel Messi dengan trophy FIFA Ballon d'Or untuk ke-4 kalinya 7 Januari 2013 lalu (foto: dok).

Lionel Messi dengan trophy FIFA Ballon d'Or untuk ke-4 kalinya 7 Januari 2013 lalu (foto: dok).

Lionel Messi dianugerahi Sepatu Emas untuk ketiga kalinya karena mencetak gol terbanyak untuk klub Barcelona dalam liga domestik Eropa musim lalu.

Penyerang klub Barcelona Lionel Messi dianugerahi Golden Boot atau Sepatu Emas untuk ketiga kalinya karena mencetak gol terbanyak dalam liga domestik Eropa musim lalu.

Messi berusia 26 tahun membantu klub Barcelona memenangkan gelar juara Liga Spanyol 2012-13 dengan mencetak 46 gol meski absen dalam beberapa pertandingan karena cedera otot paha mendekati akhir musim.

Messi juga meraih penghargaan sama untuk musim 2011-12 ketika ia mencatat rekor 50 gol dalam Liga Spanyol. Pemain internasional Argentina itu meraih Sepatu Emas pertamanya pada musim 2009-10 ketika mencetak 34 gol yang membuat klub Barcelona merebut gelar juara liga.

Messi masih memulihkan diri dari cedera otot paha kiri yang kemungkinan akan membuatnya absen hingga akhir musim tahun 2013. Sebelum cedera, ia mencetak delapan gol dalam 11 kali penampilannya dalam liga.

Sementara itu, FIFA memperpanjang batas waktu pemungutan suara Ballon d'Or, ini membuka peluang bagi Cristiano Ronaldo untuk menang setelah penampilannya yang luar biasa bersama timnas Portugal dalam babak kualifikasi Piala Dunia.

FIFA mengatakan kontes itu diperpanjang hingga 29 November karena terlalu banyak pemilih yang tidak memberikan suara sebelum batas waktu hari Jumat lalu.

Ronaldo, pemenang penghargaan Ballon d’Or 2008, mencetak ketiga gol dalam kemenangan 3-2 timnas Portugal atas Swedia hari Selasa untuk maju ke babak utama Piala Dunia.

Lionel Messi merebut gelar tersebut dalam empat tahun belakangan. Pemain terbaik dunia tahun 2013 itu dipilih oleh para pelatih dan kapten timnas, ditambah wartawan dari masing-masing ke-209 negara anggota FIFA

Waktu pemilihan FIFA semula adalah 28 Oktober - November 15 yang berakhir beberapa jam setelah pertandingan putaran pertama babak penyisihan Eropa.
XS
SM
MD
LG