Tautan-tautan Akses

Meskipun Ada Larangan Resmi, Facebook Dapat Diakses di Tiongkok


Para pengguna internet di beberapa wilayah Tiongkok dapat mengakses facebook dan twitter (Foto: dok)

Para pengguna internet di beberapa wilayah Tiongkok dapat mengakses facebook dan twitter (Foto: dok)

Pengguna internet di beberapa wilayah Tiongkok dapat mengakses facebook yang biasanya diawasi super ketat dan diblok di negara Komunis itu, Selasa (24/4).

Para pengguna Internet Tiongkok memanfaatkan kelemahan dalam program penyensoran Internet hari Selasa dengan mengakses Facebook, yang biasanya diblok dengan ketat di negara komunis itu.

Para pengguna Internet di berbagai wilayah Tiongkok dapat mengakses situs jejaring sosial itu Selasa pagi. Biro VOA di Beijing dapat mengakses Facebook Selasa pagi menggunakan prefiks ‘https’, yang biasa digunakan untuk mengakses situs yang aman.

Steven Millward, editor TechInAsia.com di Tiongkok mengatakan kepada VOA, kelemahan sementara seperti itu sering terjadi pada 'Great Firewall of China' yang membatasi akses ke situs populer seperti Facebook, Twitter, dan YouTube.

Meskipun Facebook masih dapat diakses di kantor biro VOA di Beijing hingga tengah hari waktu setempat, banyak pengguna Internet mengirim pesan melalui Twitter bahwa situs Facebook telah diblok kembali.

Tiongkok yang memiliki populasi online terbesar di dunia mengatakan, kebijakan sensor online bertujuan menjaga kestabilan sosial, dan mencegah menyebarnya desas-desus dan bahan yang tidak layak. Para pengguna internet melaporkan adanya pemblokiran di wilayah Chongging dan Ningxia.
XS
SM
MD
LG