Tautan-tautan Akses

AS

Meski Sudah Legal di AS, Pengguna Ganja Tetap Bisa Dipecat

  • Associated Press

Ganja

Ganja

Ganja mungkin legal di Colorado, tetapi Anda tetap bisa dipecat jika mengkonsumsinya.

Pengadilan tinggi Colorado memutuskan pada Senin (15/6) bahwa seorang pasien yang dipecat akibat gagal tes kesehatan, tidak bisa mendapatkan pekerjaannya kembali. Kasus ini memiliki dampak yang besar bagi para penyedia pekerjaan dan pengisap ganja di seluruh Amerika di mana ganja untuk kesehatan dan rekreasional dilegalisasi. Dua puluh tiga negara bagian dan ibukota Washington mengijinkan penggunaan ganja untuk kepentingan medis.

Colorado menjadi negara bagian pertama yang melegalkan penggunaan ganja rekreasional di tahun 2012. Meskipun kasus tersebut melibatkan ganja untuk kepentingan medis, keputusan pengadilan mungkin juga bisa berdampak pada bagaimana perusahaan memperlakukan pegawai yang menggunakan ganja untuk bersenang-senang.

Brandon Coats adalah seorang tunadaksa yang dipecat oleh Dish Network, sebuah perusahaan televisi satelit dan penyedia jasa internet pada tahun 2010. Perusahaan tersebut setuju bahwa Coats tidak teler ketika sedang bekerja tapi mereka tidak menoleransi penggunaan narkoba sedikitpun.

Pengadilan di tiga negara bagian lainnya juga mempunyai keputusan yang sama untuk memecat pasien yang mengkonsumsi ganja.

Coats berdalih bahwa konsumsi ganja yang ia lakukan diijinkan di bawah hukum Colorado yang bertujuan untuk melindungi pegawai agar tidak dipecat ketika melakukan aktivitas legal di luar jam kerja. Coast tidak menggunakan ganja ketika sedang bekerja, dan ia tidak dituduh teler ketika bekerja. Tetapi senyawa kimia yang memabukkan dan terkandung pada ganja, THC, dapat tinggal di dalam tubuh selama berminggu-minggu.

Perusahaan berargumen bahwa karena ganja masih ilegal di bawah hukum federal, ganja untuk kepentingan medis tidak terlindungi oleh hukum negara bagian.

Konstitusi Colorado secara khusus menyatakan bahwa perusahaan tidak perlu mengubah kebijakan mereka untuk mengakomodasi penggunaan ganja karyawan.

Coats mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan mobil ketika ia masih remaja dan telah menjadi pasien yang diijinkan menggunakan ganja untuk kepentingan medis sejak tahun 2009, ketika ia mendapati bahwa ganja bisa membantu menenangkan kejang-kejang otot. Ia adalah seorang operator telepon di perusahaan Dish selama tiga tahun sebelum akhirnya gagal melalui tes obat-obatan yang dilakukan secara acak pada tahun 2010 dan dipecat.

XS
SM
MD
LG