Tautan-tautan Akses

Meski Masih Ricuh, Kongo Lantik Presiden Baru


Joseph Kabila dilantik sebagai Presiden Kongo di Kinshasa (20/12).

Joseph Kabila dilantik sebagai Presiden Kongo di Kinshasa (20/12).

Presiden Republik Demokratik Kongo yang baru dilantik, Joseph Kabila berjanji akan mempersatukan negara, meskipun pemimpin oposisi Etienne Tshiekedi berkeras ia adalah pemimpin sah negara itu.

Kabila dilantik hari Selasa di Kinshasa, setelah pemilu bulan lalu yang menurut para pengamat internasional dicemari berbagai penyimpangan selama pemilu dan dalam penghitungan suara. Kabila mengatakan, tidak ada keraguan mengenai kemenangannya, dan para pejabat pemilu mengatakan, Kabila menang mudah.

Tetapi Tshisekedi menyebut hasil pemilu dicurangi dan menyatakan dirinya sebagai presiden. Ia menyatakan akan mulai menjabat hari Jumat.

Amerika hari Selasa menyatakan kekecewaan mendalam atas keputusan Kongo mempertahankan hasil pemilu tanpa meninjau laporan-laporan mengenai penyimpangan. "Rakyat dilarang berpartisipasi dalam sebagian besar protes damai. Inilah keprihatinan utama saat ini, di mana akhirnya orang-orang beralih kepada kekerasan, yang dibalas pula dengan penindakan kekerasan oleh satuan keamanan pemerintah," ungkap Laura Seay, seorang pakar masalah Kongo.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menambahkan pemilu Kongo sangat cacat dan tidak transparan.

XS
SM
MD
LG