Tautan-tautan Akses

Mesir Perpanjang Pilpres Satu Hari


KPU Mesir memperpanjang Pilpres satu hari untuk menambah jumlah pemilih yang memberikan suara (27/5).

KPU Mesir memperpanjang Pilpres satu hari untuk menambah jumlah pemilih yang memberikan suara (27/5).

Komisi pemilu Mesir memperpanjang pemilu presiden satu hari dalam usaha menambah jumlah pemilih yang memberikan suara.

Komisi pemilu Mesir memperpanjang pemilu presiden satu hari dalam usaha menambah jumlah pemilih yang memberikan suara dalam pemilu yang secara luas diperkirakan akan mendudukkan mantan Panglima Militer Abdel Fatah el- Sissi ke tampuk kekuasaan.

Pemilu dua hari itu diperkirakan akan berakhir hari Selasa (27/5), tetapi pemungutan suara hari Senin menurut laporan berlangsung secara moderat di negara dengan pemilih 54 juta orang yang terdaftar.

Dalam usaha untuk meningkatkan jumlah pemilih yang memberikan suara, Perdana Menteri Ibrahim Mahlab, menyatakan hari Selasa sebagai hari besar nasional, sedang Menteri Kehakiman memperingatkan rakyat Mesir yang tidak memberikan suara akan dijatuhi hukuman.

Partisipasi pemilih yang lebih besar dianggap sebagai kunci guna meng-absahkan kemenangan Sisi. Sissi dianggap sebagai pemenang paling mungkin dalam persaingan dengan politisi sayap kiri Hamdeen Sabahi, satu-satunya calon lain dalam pemilu tersebut.

Sissi memimpin penggulingan Mohamed Morsi oleh militer bulan Juli lalu, yang menyulut protes dari Ikhwanul Muslimin dan sebuah penumpasan militer yang disertai kekerasan dan menewaskan lebih dari 1.000 orang. Banyak pemimpin Ikhwanul juga telah ditangkap dan Sissi mengatakan kelompok Islamis itu tidak mempunyai masa depan di Mesir.

Ikhwanul Muslimin mendesak warga Mesir agar memboikot apa yang dikatakan oleh kelompok itu merupakan pemilihan yang tidak sah.

Politisi kiri Hamdeen Sabahi adalah satu-satunya kandidat lain yang tertera pada surat suara. Hasil resmi diperkirakan akan diumumkan pekan depan.
XS
SM
MD
LG