Tautan-tautan Akses

Mesir Perpanjang Masa Tahanan Morsi


Seorang tentara berjaga-jaga di Lapangan Nahda, salah satu kamp demonstran pendukung Mohammed Morsi (12/8).
Seorang tentara berjaga-jaga di Lapangan Nahda, salah satu kamp demonstran pendukung Mohammed Morsi (12/8).

Preiden terguling Mohammed Morsi sudah ditahan selama lebih dari sebulan, dan ini merupakan kedua kalinya masa tahanan Morsi diperpanjang.

Pejabat Mesir mengatakan seorang hakim telah memerintahkan agar Presiden terguling, Mohammed Morsi, ditahan selama 15 hari lagi sementara penyelidikan terus berlanjut. Morsi menghadapi tuduhan bersekongkol dengan militan Palestina dalam pemberontakan tahun 2011.

Pejabat pengadilan mengatakan Hakim Hassan Samir membuat keputusan tersebut Senin seraya memeriksa tuduhan bahwa Morsi berkolusi dengan Hamas untuk kabur dari penjara Wadi al-Natroun Kairo bersama dengan 33 anggota Ikhwanul Muslimin lainnya.

Ini adalah kedua kalinya penahanan Morsi diperpanjang. Yang pertama adalah pada tanggal 26 Juli.

Menurut kantor berita Associated Press, pejabat itu berbicara secara anonim karena tidak memiliki otorisasi untuk memberi penjelasan kepada media.

Pemerintah Mesir telah menahan Morsi sejak dia digulingkan tanggal 3 Juli, setelah jutaan orang turun ke jalan menuntut agar ia turun dari jabatan. Para pendukung Morsi yang sebagian besar Islamis telah menduduki dua lokasi di Kairo selama lebih dari sebulan menuntut agar Morsi dipulihkan jabatannya.

Pejabat pemerintah sementara telah berhari-hari memperingatkan bahwa mereka akan membubarkan aksi itu, tapi masih belum ada penindakan keras hingga Senin malam.
XS
SM
MD
LG