Tautan-tautan Akses

Mesir Cekal 9 Pejabat untuk Lacak Pencuri Lukisan Van Gogh


Lukisan van Gogh, Poppy Flowers.

Lukisan van Gogh, Poppy Flowers.

Pemerintah Mesir telah melarang paling sedikit 9 pejabat Kementerian Kebudayaan meninggalkan Mesir.

Penuntut Mesir telah memerintahkan penangkapan deputi menteri kebudayaan negara itu selama empat hari menunggu sebuah penyelidikan terhadap pencurian sebuah karya besar Van Gogh bernilai 55 juta dolar dari sebuah museum di Kairo.

Kantor berita Mesir, MENA, melaporkan Senin bahwa Mohsen Shalaan, kepala dari seksi barang seni Kementerian itu bersama tiga penjaga museum dan seorang pejabat lainnya dituduh lalai dalam kasus pencurian ini. Namun tuduhan resmi belum dikenakan.

Penguasa Mesir juga mencekal paling sedikit sembilan pejabat Kementerian Kebudayaan sebagai bagian dari penyelidikan kasus pencurian lukisan cat minyak “Poppy Flowers” dari Museum Khalil Mahmoud.

Sebuah penyelidikan awal memperlihatkan adanya “kekurangan menyolok” dalam penyelenggaraan keamanan Museum itu, yang menjadi tempat peragaan karya-karya asli tokoh-tokoh seni seperti Monet, Renoir dan Degas disamping karya Van Gogh serta total bernilai 1,2 miliar dolar. Tak satupun alarm dan hanya 7 dari ke 42 kamera keamanan berfungsi saat lukisan itu dicuri.

Lukisan tahun 1887 itu oleh tokoh pasca impresionis Belanda itu, yang menggambarkan bunga berwarna keemasan dan merah dalam sebuah vas itu di potong dari kerangkanya pada hari Sabtu di tengah hari bolong.

XS
SM
MD
LG