Tautan-tautan Akses

Mesir Lantik Presiden Baru di Hadapan Mahkamah Konstitusi


Foto yang diambil dari televisi Mesir ini menampilkan pengambilan sumpah Mohammed Morsi sebagai Presiden baru Mesir di hadapan Mahkamah Konstitusi di Kairo (30/6).

Foto yang diambil dari televisi Mesir ini menampilkan pengambilan sumpah Mohammed Morsi sebagai Presiden baru Mesir di hadapan Mahkamah Konstitusi di Kairo (30/6).

Presiden Terpilih Mesir Mohamed Morsi dilantik hari Sabtu (30/6) menandai babak baru dalam sejarah negara itu untuk pertamakalinya memiliki presiden dari kalangan sipil.

Morsi dilantik di hadapan Mahkamah Konstitusi Mesir. Gambar televisi menunjukkan, Morsi datang ke mahkamah itu terlambat satu jam yang mengakibatkan tertundanya upacara pelantikan tersebut, Sabtu (30/6).

Pelantikan itu dilakukan sehari setelah Morsi berpidato di depan puluhan ribu pendukungnya yang memenuhi Lapangan Tahrir di Kairo untuk memrotes militer yang berkuasa di negara itu.

Morsi mengatakan, ia menghormati warga Mesir di seantero negara itu dan di luar negeri, dengan mengatakan darah revolusioner yang tewas dan luka-luka dalam pergolakan, membuka jalan bagi kebebasan. Ia juga menghargai kehormatan besar yang diberikan kepadanya oleh rakyat Mesir.

Morsi bertekad pengambilan sumpahnya sebagai presiden dilakukan di depan parlemen. Tetapi, dewan militer mengatakan ia akan dilantik di depan Mahkamah Konstitusi karena majelis rendah parlemen yang didominasi Ikhwanul Muslimin telah dibubarkan baru-baru ini. Beberapa pengamat mengatakan perselisihan itu bisa menjadi tahap awal perebutan kekuasaan berkepanjangan antara Ikhwanul Muslimin dan militer.

Morsi mencalonkan diri sebagai presiden dari Ikhwanul Muslimin sebelum mundur dari kelompok itu setelah dinyatakan sebagai presiden terpilih. Hari Jumat ia menyampaikan hasrat untuk membentuk pemerintahan inklusif, mengikutsertakan Muslim, Kristen dan perempuan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG