Tautan-tautan Akses

Mesir Lantik Kabinet Baru


Presiden sementara Mesir Adly Mansour (tengah) bersama para anggota kabinet yang baru dilantik dalam upacara di istana presiden di Kairo (1/3).

Presiden sementara Mesir Adly Mansour (tengah) bersama para anggota kabinet yang baru dilantik dalam upacara di istana presiden di Kairo (1/3).

Sebagian menteri yang lama dipertahankan, termasuk panglima angkatan bersenjata Mesir, Abdel Fattah el-Sissi, sebagai menteri pertahanan.

Mesir melantik kabinet baru setelah pemerintah sebelumnya mengejutkan negara itu karena mengundurkan diri kurang dari seminggu lalu.

Presiden sementara Adly Mansour menunjuk Ibrahim Mahlab sebagai perdana menteri baru Selasa (25/2) dan menugaskannya untuk membentuk pemerintahan baru. Mahlab memutuskan mempertahankan sebagian menteri yang lama dalam pemerintahan barunya, termasuk panglima angkatan bersenjata Mesir, Abdel Fattah el-Sissi, sebagai menteri pertahanan dan Muhammad Ibrahim sebagai menteri dalam negeri.

Mahlab mengepalai perusahaan konstruksi raksasa milik negara selama pemerintahan presiden terguling Hosni Mubarak dan menjabat menteri perumahan dalam kabinet sementara yang mengundurkan diri Senin lalu. Dalam jumpa pers, Mahlab berjanji "menghancurkan terorisme di seluruh pelosok" Mesir dan memulihkan keamanan.

Mesir terpukul gelombang pemogokan buruh yang memprotes kegagalan ekonomi pemerintah selagi negara itu menyongsong pemilihan presiden yang diperkirakan April.

Menteri Pertahanan Sissi diperkirakan mencalonkan diri sebagai presiden.

Mantan perdana menteri sementara Hazem el-Beblawi mengepalai pemerintah sejak Juli, ketika tentara menggulingkan Presiden Mohamed Morsi.
XS
SM
MD
LG