Tautan-tautan Akses

Mesir Langsungkan Pemilu Parlemen


Seorang warga Mesir memberikan suara pada pemilu parlemen di Giza, Kairo hari Minggu (18/10).

Seorang warga Mesir memberikan suara pada pemilu parlemen di Giza, Kairo hari Minggu (18/10).

Rakyat Mesir hari Minggu (18/10) pergi ke TPS-TPS untuk memberikan suara mereka dalam putaran pertama pemilu parlemen yang telah lama tertunda.

Rakyat Mesir hari Minggu (18/10) pergi ke TPS-TPS untuk putaran pertama pemilu parlemen yang hasilnya diperkirakan akan memperkuat kekuasaan Presiden Abdel Fattah el-Sissi.

Pemilu yang lama tertunda itu akan memperebutkan 596 kursi parlemen dan hasil akhirnya akan diumumkan pada awal Desember.

Putaran pertama, yang akan dilanjutkan hari Senin, dilangsungkan hanya di 14 dari ke-27 propinsi sedangkan sisanya akan digelar tanggal 22-23 November. Pemilih yang tinggal di luar negeri akan memberikan suara hari Sabtu.

Tidak ada data resmi mengenai jumlah warga yang mencoblos hari Minggu, tetapi banyak analis memperkirakan angkanya dibawah 10 persen dari total pemilih.

Tahun 2012, pengadilan membubarkan parlemen yang didominasi partai Ikhwanul Muslimin pimpinan mantan presiden Mohamed Morsi dan kini dinyatakan terlarang.

Presiden Sissi, mantan panglima angkatan darat Mesir, berkuasa tahun lalu seusai kudeta yang menggulingkan Morsi.

Parlemen yang baru itu akan menjadi yang pertama setelah pengesahan konstitusi baru tahun lalu. Konstitusi itu memberi kewenangan bagi parlemen untuk memakzulkan presiden atau menyatakan pemilu dini. [th]

XS
SM
MD
LG