Tautan-tautan Akses

Mesir Lancarkan Serangan Udara atas Kelompok Militan


Helikopter militer Mesir di bagian timur laut Semenanjung Sinai, dekat perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza. (Foto: Dok)

Helikopter militer Mesir di bagian timur laut Semenanjung Sinai, dekat perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza. (Foto: Dok)

Pejabat Mesir mengatakan pemerintah telah melancarkan serangan udara atas kelompok-kelompok militan di Semenanjung Sinai dan menewaskan sedikitnya 12 orang.

Menurut pejabat tersebut, helikopter-helikopter Mesir menyerang kelompok militan itu Sabtu (10/8) dan Minggu pagi dekat desa Touma di Sinai.Menurut para saksi mata, sebagian korban serangan itu dimakamkan hari Minggu.

Militan Islamis dan kesukuan meningkatkan serangan terhadap pasukan keamanan Mesir di Sinai sejak tentara Mesir menyingkirkan presiden Mohamed Morsi tanggal 3 Juli.

Kaum militan telah menggunakan Sinai untuk melakukan penyelundupan dan serangan melintas batas ke Israel selama bertahun-tahun.

Juru bicara tentara Mesir menyanggah pernyataan sebuah kelompok militan bahwa serangan udara yang menewaskan empat orang militan hari Jumat dilakukan pesawat tak berawak Israel.

Kelompok militan Beit al Muqadess mengatakan dalam situs Internetnya hari Sabtu, keempat orang militan yang tewas sedang bersiap-siap meluncurkan roket ke Israel.

Menurut Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon Sabtu malam, negaranya tidak akan membiarkan “kabar-kabar angin dan spekulasi” mengganggu perjanjian damai yang ada antara Israel dan Mesir.

Menurut Yaalon, Israel menghormati kedaulatan Mesir, dan menghargai kenyataan bahwa tentara Mesir telah meningkatkan kegiatan di Jazirah Sinai untuk melawan terroris.
XS
SM
MD
LG