Tautan-tautan Akses

Mesir Kukuhkan Penangkapan Produser Berita Al Jazeera


Seorang karyawan televisi berbahasa Arab, Al Jazeera berjalan melewati logo perusahaan tersebut di Doha, Qatar. (Foto: dok).

Seorang karyawan televisi berbahasa Arab, Al Jazeera berjalan melewati logo perusahaan tersebut di Doha, Qatar. (Foto: dok).

Kementerian Dalam Negeri Mesir menyebut nama produser itu Mahmoud Hussain, yang ditangkap hari Jumat atas tuduhan mengganggu keamanan dan menyebarkan laporan berita palsu.

Mesir telah mengukuhkan bahwa pemerintahnya telah menangkap seorang produser Al Jazeera, badan siaran yang sebagian didanai oleh keluarga yang berkuasa di Qatar, atas tuduhan memprovokasi pemberontakan sebagai karyawan organisasi media itu.

Kementerian Dalam Negeri menyebut nama produser itu Mahmoud Hussain, yang ditangkap hari Jumat atas tuduhan mengganggu keamanan dan menyebarkan laporan berita palsu.

Al Jazeera mengatakan Mesir menahan Hussain atas tuduhan yang direkayasa, setelah ia bepergian ke sana untuk mengunjungi keluarganya dan menuntut agar ia segera dibebaskan.

Ini adalah yang terbaru dalam rentetan penangkapan wartawan Al Jazeera oleh Mesir, yang menimbulkan keprihatinan lebih jauh mengenai kebebasan wartawan bekerja di negara itu.

Liputan berita Al Jazeera dalam bertahun-tahun setelah revolusi Arab Spring dan penggulingan Presiden Mohammed Morsi tahun 2013 dikecam keras oleh pemerintah Mesir. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG