Tautan-tautan Akses

Mesir Hentikan Penggerebekan Kantor LSM Pro-Demokrasi


Pasukan keamanan Mesir menangkap demonstran anti-pemerintah di Kairo (23/12). Mesir setuju untuk menghentikan penggerebekan atas kantor LSM pro-demokrasi.

Pasukan keamanan Mesir menangkap demonstran anti-pemerintah di Kairo (23/12). Mesir setuju untuk menghentikan penggerebekan atas kantor LSM pro-demokrasi.

Pasukan keamanan Mesir menyerbu 17 kantor LSM pro-demokrasi hari Kamis untuk penyelidikan keterlibatan asing dalam kerusuhan di Mesir.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Mesir setuju untuk menghentikan penggerebekan terharap sejumlah LSM pro-demokrasi dan mengembalikan barang-barang yang disita dalam penggerebekan sebelumnya.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta dan Dutar Besar Amerika Untuk Mesir Anne Patterson hari Jum’at berbicara dengan para pejabat senior Mesir, untuk menggarisbawahi keprihatinan Washington tentang sejumlah penggerebekan kantor LSM – termasuk tiga organisasi yang didanai oleh Washington.

Pasukan keamanan Mesir menyerbu 17 kantor kelompok HAM hari Kamis sebagai bagian penyelidikan, yang menurut dewan militer akan mengungkapkan bagaimana pendanaan asing mengobarkan kerusuhan terus menerus di negara itu.

Tetapi sebuah kelompok HAM Mesir menuduh pihak dewan militer yang berkuasa berupaya “balas dendam” terhadap kelompok-kelompok pro-demokrasi dengan menggerebek kantor mereka.

Sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh 28 kelompok madani Mesir mengatakan penggerebekan itu merupakan bagian dari kampanye yang lebih luas untuk mendiskreditkan para aktivis yang mengecam dewan militer interim Mesir.

Kelompok itu menyebut penggerebekan tersebut “tidak pernah terjadi sebelumnya”, bahkan di bawah pemerintahan represif mantan presiden Hosni Mubarak sekalipun.

XS
SM
MD
LG