Tautan-tautan Akses

Mesir Tunda Lagi Pengumuman Hasil Pemilu


Petugas Pemilu menghitung surat suara yang masuk di Kairo, Mesir (30/11).

Petugas Pemilu menghitung surat suara yang masuk di Kairo, Mesir (30/11).

Surat kabar Mesir al-Ahram menyatakan pengumuman itu ditunda karena kertas suara dari warganegara Mesir yang tinggal di luar negeri belum dihitung.

Untuk kedua kalinya Mesir menunda pengumuman hasil pemilu anggota parlemen minggu lalu. Seorang pejabat pemilu Mesir hari Kamis mengatakan hasil pemilu yang dijadwalkan akan diumumkan hari Kamis ditunda sampai Jumat.

Hasil pemungutan suara hari Senin dan Selasa di Cairo, Iskandariyah dan tujuh provinsi lain diperkirakan muncul hari Rabu. Surat kabar Mesir al-Ahram menyatakan pengumuman itu ditunda karena kertas suara dari warganegara Mesir yang tinggal di luar negeri belum dihitung.

Partai Kebebasan dan Keadilan dari gerakan Ikhwanul Muslim dan kelompok Islamis yang lebih konservatif al-Nour Salafi sama-sama menunjukkan perolehan hasil besar.

Pemilihan anggota majelis rendah di parlemen merupakan pemilu pertama Mesir sejak Presiden Hosni Mubarak mengundurkan diri pada bulan Februari.

Para pemilih di provinsi-provinsi lainnya akan memberi suara dalam dua tahap pada beberapa pekan mendatang. Rakyat Mesir kemudian akan memberikan suara dalam pemilihan majelis tinggi. Proses tersebut baru akan selesai bulan Maret.

Sebelumnya pekan ini, Sekjen PBB Ban Ki-moon memberi selamat kepada rakyat Mesir atas apa yang ia sebut partisipasi antusias dalam pemilu.

XS
SM
MD
LG