Tautan-tautan Akses

Mesir akan Mediasi Perundingan Pasca Perang Gaza


Presiden Palestina Mahmoud Abbas (tengah) dalam perundingan dengan Liga Arab di Kairo, Mesir (7/9).

Presiden Palestina Mahmoud Abbas (tengah) dalam perundingan dengan Liga Arab di Kairo, Mesir (7/9).

Mesir pekan ini akan melangsungkan perundingan tidak langsung antara Israel dan Palestina untuk mencapai gencatan senjata yang lebih permanen.

Mesir pekan ini akan melangsungkan perundingan tidak langsung antara Israel dan Palestina untuk mencapai gencatan senjata yang bisa berlangsung lama di Gaza, dan perundingan antara kelompok Hamas dan Fatah tentang siapa yang seharusnya memerintah Gaza.

Menurut Azzam Al Ahmed – asisten Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Kedua pertemuan itu akan diselenggarakan di Kairo hari Selasa. Namun juru bicara Israel Mark Regev menolak berkomentar.

Bentrokan selama 50 hari yang terjadi antara Israel dan kelompok Hamas – yang menguasai Jalur Gaza – berakhir Agustus lalu. Berdasarkan kesepakatan yang mengakhiri pertempuran itu, Israel dan Hamas akan kembali berunding di Kairo dalam waktu satu bulan, untuk melangsungkan perundingan tidak langsung tentang kesepakatan yang lebih luas di Gaza.

Kelompok militan Hamas menuntut Israel dan Mesir mencabut blokade atas Gaza – yang diberlakukan setelah Hamas merebut wilayah itu dari kelompok Fatah tahun 2007. Israel mengatakan hanya akan mencabut blokade itu jika Hamas bersedia melucuti diri, tuntutan yang ditolak Hamas.

XS
SM
MD
LG