Tautan-tautan Akses

Mesir akan Batasi Topik Khotbah Ramadan


Seorang warga Mesir melihat-lihat lentera tradisional Ramadan di pasar di Sayeda Zeinab, Kairo, Mesir, Kamis 26 Juni 2014.

Seorang warga Mesir melihat-lihat lentera tradisional Ramadan di pasar di Sayeda Zeinab, Kairo, Mesir, Kamis 26 Juni 2014.

Mesir akan membatasi khotbah Ramadan pada masalah keimanan dan akhlak. Ini merupakan langkah terbaru yang dimaksudkan untuk membatasi pidato politik di negara dengan perselisihan pendapat yang sangat dalam itu.

Menteri Urusan Agama Mesir Mohammed Mokhtar Gomaa hari Minggu menyatakan keputusan itu seyogyanya menjamin bahwa khotbah-khotbah selama bulan Ramadan ini “mempersatukan rakyat, bukannya memecah belah mereka.”

Langkah yang diumumkan pada hari pertama Ramadan itu merupakan upaya terbaru oleh negara untuk mengontrol pidato keagamaan menyusul penggulingan Presiden Islamis Mohammed Morsi tahun lalu. Dalam beberapa bulan belakangan ini, Mesir telah melarang Ikhwanul Muslimin pimpinan Morsi, yang dianggap pemerintah sebagai organisasi teroris, dan meloloskan undang-undang baru yang membatasi protes.

Kementerian itu telah membatasi khotbah di masjid-masjid hanya dilakukan oleh para ulama yang mendapat izin pemerintah.

XS
SM
MD
LG