Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman: Kekalahan Pemilu Tak Pengaruhi Langkah Penghematan


Partai konservatif pimpinan Kanselir Jerman, Angela Merkel mengalami kekalahan dalam pemilu legislatif di negara bagian Jerman yang paling padat penduduknya, Minggu (13/5).

Partai konservatif pimpinan Kanselir Jerman, Angela Merkel mengalami kekalahan dalam pemilu legislatif di negara bagian Jerman yang paling padat penduduknya, Minggu (13/5).

Partai pimpinan Angela Merkel mengalami kekalahan pahit, namun ia menekankan hal itu tak akan mempengaruhi kebijakan penghematan Eropa yang keras.

Kanselir Jerman Angela Merkel telah mengakui bahwa kekalahan partai konservatif dalam pemilu legislatif hari Minggu di negara bagian yang paling padat penduduknya adalah "kekalahan pahit yang menyakitkan," namun menekankan bahwa tidak akan mempengaruhi kebijakan penghematan Eropa yang keras.

Merkel mengatakan dalam konferensi pers Senin bahwa kekalahan di North Rhine-Westphalia tidak akan membuatnya lemah, sementara dia bergulat dengan krisis utang Eropa yang kian dalam.

Hasil menunjukkan oposisi sayap kiri Sosial Demokrat memenangkan 39 persen suara di negara bagian itu, sementara Kristen Demokrat Merkel memenangkan 26 persen. Partai Sosial Demokrat kemungkinan akan membentuk koalisi dengan Partai Hijau di negara bagian itu.

Beberapa analis politik Jerman mengatakan hasil di North Rhine-Westphalia mungkin menjadi pertanda bagi pemilihan federal tahun depan, di mana Kanselir Merkel berencana untuk mengejar masa jabatan berikutnya.

Merkel masih menyerukan penghematan ekonomi di seluruh Eropa bahkan setelah pemilih di Yunani dan Perancis minggu lalu menggulingkan partai yang mendukung pemotongan anggaran yang tajam.

Ia berencana mengadakan pertemuan pertama dengan Presiden sosialis Perancis, Francois Hollande, setelah pelantikannya pada hari Selasa.
XS
SM
MD
LG