Tautan-tautan Akses

Merkel Kecewa atas Rencana Trump Keluar dari TPP


Kanselir Jerman, Angela Merkel (foto: dok).

Kanselir Jerman, Angela Merkel (foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel hari Rabu (23/11) mengutarakan ketidaksenangannya terhadap Presiden terpilih Amerika Donald Trump atas rencana Amerika untuk keluar dari Kemitraan Trans-Pasifik atau TPP begitu Trump menjabat Presiden AS.

Sekalipun Kanselir Jerman itu tidak menyebut nama Donald Trump, Angela Merkel mengatakan dia tidak senang akan kemungkinan hancurnya persetujuan perdagangan itu dan mengatakan persetujuan-persetujuan masa depan juga tidak baik prospeknya.

“Saya dengan jujur mengatakan kepada anda,'saya tidak gembira bahwa persetujuan Trans-Pasifik kemungkinan tidak akan menjadi realitas. Saya tidak tahu siapa yang akan memperoleh manfaat dari kegagalan itu',” ujar Merkel.

“Saya hanya tahu satu hal: bakal ada persetujuan perdagangan lain, dan persetujuan itu tidak akan mempunyai standard persetujuan TTP yang diharapkan,” imbuhnya.

Dalam pidato video yang dirilis hari Senin (21/11), Trump berjanji akan menarik Amerika keluar dari persetujuan perdagangan itu, yang disebutnya “mala-petaka,” yang menepati salah satu janji kampanyenya. Trump juga telah mengatakan ia ingin merundingkan kembali Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara dengan Kanada dan Meksiko.

Presiden Barack Obama telah menjadi penganjur utama persetujuan perdagangan TPP itu selama ini dengan menyebutnya “standard emas” persetujuan perdagangan abad ke-21 dan memperingatkan bahwa ketidak ikutan dalam persetujuan itu akan mengurangi prestise Amerika di dunia. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG